Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer

Hasil gambar untuk pengertian jaringan komputer

Kata “jaringan komputer” mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.


Setiap sistem yang dibuat oleh manusia tentunya memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan termasuk adalah pada jaringan komputer. Apa anda sudah tahu Kelebihan dan kekurangan Jaringan Komputer? kalau belum tahu yuk kita simak penjelasannya berikut ini.


Kelebihan jaringan komputer

  1. Memiliki kecepatan akses data yang cukup tinggi karena proses pengiriman dan penerimaan data diatur oleh satu komputer khusus yang disebut dengan komputer server dimana komputer tersebut tentunya memiliki spesifikasi cukup tinggi dan kinerja nya tidak dibebani oleh kinerja client sebagai workstation.
  2. Karena pada sebuah jaringan komputer rata-rata memiliki administrator, makna sistem keamanan pada jaringan komputer tersebut bisa terjaga dengan baik karena ada pengelolaan khusus yang mampu menangani segala macam kejadian pada jaringan komputer.
  3. Proses backup data bisa dilakukan dengan cukup baik karena keseluruhan proses backup data tersebut dilakukan secara terpusat yang ada di komputer server. Data yang di backup merupakan data keseluruhan yang dipakai di dalam jaringan tersebut.
  4. Pada komputer yang terhubung dalam satu jaringan tentunya bisa berbagi-pakai sejumlah fasilitas yang ada pada masing-masing komputer, semisal adalah printer, modem atau fax, drive, harddisk, dan beberapa perangkat lainnya.
  5. Untuk masalah biaya operasional tergolong cukup murah Apabila dibandingkan dengan jaringan komputer yang berbasis client server karena pada jaringan komputer sederhana tentunya kita tidak membutuhkan komputer server dengan spesifikasi sangat tinggi dan memiliki kemampuan khusus di dalam mengelola jaringan komputer yang ada.
  6. Sistem kerja pada jaringan komputer rata-rata sangat tergantung pada sebuah server. Namun, pada beberapa kondisi keberadaan server tidaklah terlalu penting karena bisa jadi kita tetap dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas yang ada pada jaringan komputer tersebut tanpa adanya bantuan dari komputer server itu sendiri

Kekurangan jaringan komputer

  1. Kekurangan pertama terletak pada dana untuk kebutuhan trobelshoting yang cenderung lebih mahal karena proses trobelshoting jaringan tentunya lebih rumit. Tingkat kerumitan dari trobleshoting jaringan juga sangat bergantung kepada jenis jaringan yang digunakan, apakah jaringan peer to peer atau jaringan client server.
  2. Sistem keamanan yang diterapkan pada jaringan komputer sentuhnya diatur oleh setiap pengguna komputer pada jaringan tersebut sehingga keamanan di dalam menjaga akses komputer pada jaringan tersebut juga merupakan tanggung jawab dari masing-masing personal pengguna komputer client atau workstation.
  3. Proses make up harus selalu rutin dilakukan karena data-data penting yang ada pada komputer yang terhubung pada jaringan komputer tersebut tentunya tersebar dimana saja.
  4. Dibutuhkan biaya operasional yang cenderung lebih mahal.
  5. Secara umum maka sebuah jaringan terdapat 1 buah server yang mampu memberikan permintaan data untuk Komputer klientnya. Oleh sebab itu, ketika komputer server mengalami permasalahan atau gangguan maka tentunya seluruh sistem pada jaringan tersebut akan mengalami kerusakan.

Komentar